AQIQAH

Aneka Menu Kambing untuk Hidangan Aqiqah

Aqiqah adalah menyembelih kambing pada hari ketujuh untuk mensyukuri karunia berupa kelahiran seorang bayi. Jadi, aqiqah pasti identik dengan daging kambing. Menu aqiqah yang selama ini populer di masyarakat adalah sate dan gulai kambing. Padahal, sebenarnya banyak sekali aneka menu masakan yang berasal dari daging kambing. Berikut ini adalah inspirasi menu masakan aqiqah yang bisa jadi pilihan keluarga muslim Indonesia:

  1. Nasi Kebuli

Nasi Kebuli ini cukup populer di Indonesia. Nasi berwarna kekuningan dengan rasa yang gurih ini dimasak dengan aneka rempah. Rasa lezat dan gurih didapat dari kaldu daging kambing dan susu kambing yang dimasak bersama minyak samin. Nasi ditanak bersama bahan-bahan tersebut hingga aroma wanginya yang khas menguar.

Rempah yang biasa digunakan sebagai campuran adalah bawang putih, bawang merah, cengkeh, jintan, ketumbar, pala, lada hitam, hingga kayu manis. Biasanya, nasi kebuli disajikan hangat bersama potongan daging kambing goreng. Nasi ini juga disajikan dengan taburan kurma atau kismis.

 

  1. Semur Daging Kambing

Daging kambing juga lezat dimasak semur, tidak kalah dengan semur daging sapi. Ciri khas hidangan semur ini adalah pada rasanya yang agak manis karena adanya penambahan kecap. Masakan semur ini bisa disajikan dengan rasa pedas manis maupun gurih manis, sesuai selera. Bumbu-bumbu yang dipakai pun hampir sama dengan resep semur daging sapi.

 

  1. Sop Kambing

Sop daging kambing memang tidak sepopuler sop ayam, sop ikan, atau sop daging sapi. Namun, sop kambing bukanlah masakan yang asing bagi orang Indonesia serta banyak disukai. Sop kambing rasanya memang agak sedikit berbeda dengan aneka sop lainnya. Aroma rempahnya begitu terasa.

Aroma khas bumbu rempah pada sop kambing berasal dari biji pala, cengkeh, dan kayu manis. Selain itu, tambahan bumbu rempah ini untuk menghilangkan aroma khas daging kambing yang tidak disukai oleh sebagian orang.

 

  1. Kari Kambing

Menu kari ini bukanlah masakan khas Indonesia, namun berasal dari India. Di Indonesia, menu yang sudah sangat populer adalah kari ayam. Tetapi, kari kambing pun tak kalah lezatnya.

Ciri masakan kari adalah kuahnya yang cukup kental dan rasa yang gurih. Hampir mirip dengan gulai. Walaupun dari tampilannya hampir sama, ternyata bumbu kari kambing dan bumbu gulai kambing ada perbedaannya lho. Yang paling kelihatan adalah resep kari kambing menggunakan daun kari, sedangkan resep gulai tanpa daun kari.

 

  1. Nasi Goreng Kambing

Nasi goreng adalah masakan khas Indonesia. Variasi menu nasi goreng juga banyak macamnya. Salah satunya adalah nasi goreng kambing. Perbedaan nasi goreng kambing dan nasi goreng pada umumnya adalah terletak pada penambahan bumbu rempahnya, yaitu jintan, kapulaga, cengkeh, dan kunyit. Tentu saja penambahan bumbu khusus ini akan menimbulkan cita rasa yang khas.

Itulah 5 variasi menu aqiqah yang mungkin bisa jadi pilihan. Sebenarnya ada banyak menu lainnya yang berbahan dasar daging kambing. Pada dasarnya, bumbu-bumbu yang dipakai hampir sama dengan bumbu untuk memasak daging sapi. Selamat mencoba!