MUSLIMAPP

Apa Itu Sholat Sunnah Qobliyah?

Sebelum mengetahui pengertian sholat sunnah qobliyah, maka sebaiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai sholat sunnah rawatib. Ibadah sunnah rawatib merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan sebelum atau sesudah sholat wajib lima waktu. Sholat sunnah rawatib ini dibedakan menjadi dua, yaitu sholat sunnah qobliyah atau sebelum dan sholat ba’diyah atau sesudah sholat wajib lima waktu.

Saat memasuki masjid untuk melaksanakan sholat fardhu mungkin Anda akan bingung jika menemukan orang-orang mengerjakan sholat sebelum atau setelah berjamaah. Setelah mengetahuinya, sekarang Anda tidak perlu bingung karena orang tersebut sedang melaksanakan sholat sunnah rawatib. Adapun beberapa hal yang perlu Anda ketahui secara mendalam mengenai sholat sunnah rawatib adalah sebagai berikut ini.

Macam-Macam Sholat Sunnah Rawatib

Sholat sunnah rawatib dibagi lagi menjadi dua macam yaitu sholat sunnah muakkad dan sholat sunnah ghairu muakkad. Perbedaan dari kedua jenis ini adalah sholat sunnah muakkad merupakan sholat yang sangat dianjurkan karena memiliki kemuliaan serta pahala yang sangat besar. Sedangkan sholat sunnah ghairu muakkad kemuliaan dan pahalanya lebih sedikit dari sholat sunnah muakkad.

Adapun yang termasuk ke dalam sholat sunnah muakkad terdiri dari empat rakat sebelum dhuhur dan dua rakaat sesudah dhuhur, serta dua rakaat sesudah maghrib. Selain itu juga dua rakaat setelah isya dan dua rakaat sebelum subuh. Jadi total dari keseluruhan sholat sunnah muakkad adalah berjumlah dua belas rakaat yang dilakukan dalam sehari.

Manfaat Sholat Sunnah Rawatib

Berdasarkan waktu pelaksanaannya, sholat sunnah rawatib merupakan sholat sunnah yang mengiringi sholat wajib. Dalam hal ini, sholat sunnah rawatib dilakukan bukan tanpa memiliki tujuan. Sholat sunnah qobliyah dilakukan sebelum sholat wajib karena memiliki fungsi sebagai persiapan sebelum melaksanakan sholat wajib.

Hal tersebut diperlukan karena sebelumnya jiwa disibukkan dengan urusan dunia sehingga dapat mencegah ketidak-khusyuk-an serta ketidaksiapan dalam sholat wajib. Sedangkan sholat sunnah ba’diyah dilakukan setelah sholat fardhu berguna untuk menutup kemungkinan akan kekurangan dalam sholat fardhu tersebut. Sebagai manusia biasa tentu sangat sulit untuk selalu mengingat Allah dan meninggalkan pikiran lain saat sholat fardhu.

Berdasarkan kegunaan dari masing-masing sholat rawatib tersebut maka manfaat yang diperoleh dalam melaksanakannya adalah sebagai penyempurna dari sholat wajib. Ketidaksempurnaan yang terjadi dalam sholat fardhu tersebut berupa kurangnya kekhusyukan dan rasa tenang dalam mengingat Allah SWT.

Keutamaan Sholat Sunnah Rawatib

Menurut Hadits Riwayat Muslim no. 723 bahwasanya Rasulullah SAW bersabda mengenai siapa yang mengerjakan shalat sunnah rawatib, maka Allah akan membangunkannya rumah di surga. Shalat sunnah rawatib tersebut tentu tidak dilaksanakan pada satu waktu shalat fardhu saja akan tetapi 12 rakaat dalam satu hari. Selain itu terdapat keutamaan khusus untuk shalat sunnah qobliyah subuh yaitu diibaratkan lebih baik dari dunia dan seisinya.

Nah, itulah seputar pengetahuan mengenai ibadah sholat sunnah rawatib. Setelah mengetahuinya, Anda tidak perlu bingung lagi pada orang-orang dalam masjid yang melaksanakannya. Bahkan sebaiknya Anda juga harus mulai melaksanakannya dari sekarang karena manfaat dan keutamaannya yang luar biasa tersebut.

Author


Avatar