AQIQAH

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Daging Kambing Aqiqah Anaknya?

Dalam bahasa aqiqah berarti memotong. Aqiqah ialah memotong atau menyembelih hewan pada hari ketujuh kelahiran anak. Hukum melaksanakan aqiqah ialah sunnah muakkad.

Berdasarkan sabda Rasulullah aqiqah sunnah dilaksanakan pada hari ketujuh kelahiran anak sekaligus dengan pemberian nama serta mencukur rambutnya. Namun jika pada hari ketujuh orang tua belum mampu melaksanakan aqiqah, maka diperbolehkan menunda sampai ia mampu.

Aqiqah merupakan syariat islam yang dibebankan kepada ayah si bayi yang merupakan pemberi nafkah. Namun jika ia belum diaqiqahi ketika hari ketujuh hingga ia dewasa, maka ia diperbolehkan mengaqiqahi dirinya sendiri tetapi tidak diwajibkan.

Daging hasil sesembelihan hendaknya dimasak terlebih dahulu sebelum dibagikan. Hal itu akan memudahkan bagi orang yang menerima karena tidak perlu memikirkan tenaga dan biaya untuk mengolahnya, serta menyempurnakan dalam berbagi.

Daging tersebut bisa dibagikan kepada tetangga, fakir miskin, kerabat ataupun dimakan dirinya beserta keluarga. Orang tua atau ibu menyusui pun boleh memakan daging aqiqah anaknya.

Alasan Mengapa Diperbolehkan Memakan Daging Aqiqah Sendiri

Sejak zaman Nabi Muhammad SAW sejarah aqiqah memang sudah ada. Tentang hukum aqiqah, ada riwayat hukum yang mengatakan bahwa orang tuanya boleh memakan sebagian daging aqiqah tersebut asal tidak berlebihan.

Aturan tentang diperbolehkannya mengonsumsi serta memberikan daging aqiqah ini sebenarnya sama dengan aturan dalam berqurban. Menurut Imam Syafi’i ibadah aqiqah diqiyaskan dengan ibadah qurban. Dagingnya boleh dikonsumsi sendiri tapi jangan berlebihan dan lebih baik adalah dibagikan kepada orang yang membutuhkan terlebih fakir miskin.

Aqiqah merupakan syariat Islam yang hukumnya tidak wajib. Hukumnya sama dengan ibadah qurban. Oleh sebab itu aturan penyaluran daging pun disamakan dengan  qurban.

Berdasarkan hukum yang tercantum dalam Al-quran, proses pengolahan daging kambing tulangnya dimasak utuh dan tidak dipecah. Pengolahan diperbolehkan dalam bentuk apapun sesuai dengan keinginan yang punya hajat.

Aqiqah boleh dimakan sendiri oleh yang punya hajat. Namun jika aqiqah digunakan sebagai hajatan dengan tujuan acara yang lain dan berbeda dengan aqiqah itu tidak diperbolehkan. Menurut para ulama, menggabungkan dua atau lebih niat ibadah dalam satu amalan itu tidak diperbolehkan. Hal itu tidak sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

Kami outlet aqiqah yang menyediakan berbagai paket aqiqah ataupun kambing untuk aqiqah. Outlet kami berpusat di Yogyakarta. Bagi Anda yang berada didaerah Yogyakarta dan sekitarnya bisa menghubungi kami jika Anda membutuhkan jasa kami. Harga sangat terjangkau kualitas tentu membuat Anda terpukau.

 

Author


Avatar

<a href="https://www.thmsbfft.fr/coque-iphone-8.html">coque iphone 8</a> <a href="https://www.octagone.fr/">coque iphone soldes</a> <a href="https://www.neoval.fr/coque-iphone-7.html">coque iphone 7</a> <a href="https://www.octagone.fr/">coque iphone 2019</a> <a href="https://www.thmsbfft.fr/">soldes coque iphone</a>