QURBAN

Cara Memotong Daging Qurban

Bagi orang yang tidak pernah memotong daging qurban, pasti bertanya-tanya “Bagaimana cara memotong hewan korban yang benar, dalam arti sehat, sah dan halal?”. Karena qurban merupakan ibadah yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang mampu di hari raya idhul Adkha. Sebagai salah satu ibadah, untuk pemotongannya ada caranya sendiri. penasaran? Berikut ini ulasan lengkap mengenai menyembelih dan memotong daging qurban.

Cara Menyembelih Hewan Qurban

  1. Kondisi hewan qurban baik itu kambing, sapid an unta harus sehat secara medis dan tidak cacat. Selain itu, syarat hewan qurban yaitu sudah dewasa, bertandung dan gigi sudah tumbuh semua.
  2. Menyiapkan tempat pemotongan yang bersih yang tersedia juga jaringan pipa air bersih.
  3. Menyiapkan peralatan menyembelih seperti pisau, golok atau parang yang tajam. Selain itu, sediakan juga kayu balok untuk landasan, beberapa wadah dan tali.
  4. Sebelum menyembelih terlebih dahulu membaca niat qurban. Alangkah baiknya orang yang menyembelih hewan korban adalah laki-laki yang beribadah qurban. jika tidak, bisa diwakilkan kepada orang lain yang sudah faham cara menyembelih qurban.
  5. Menyembelih hewan qurban dalam keadaan hewan menghadap ke kiblat serta menyebut nama Allah SWT.

Cara Memotong Daging

  1. Merobek kulit yang di bagian perut dengan pisau yang tajam ke arah kaki depan yang hanya sampai pada batas lutut kambing.
  2. Mengeluarkan semua jeroan yang ada di dalam perut hewan. Setelah itu, buang kotoran isi lambung dan dicuci hingga bersih.
  3. Yang terakhir yaitu memotong bagian daging pangkal kaki depan, kemudian dilanjut memotong daging dinding perut hingga ke punggung. Pemotongan daging yang terakhir yaitu pada paha kaki belakang. Sedangkan daging yang diambil di bagian kaki hanya sampai sebatas lutut.

Nah, sebelum daging qurban tersebut dibagikan, usahakan daging kambing yang telah di potong dalam keadaan tergantung dengan  tali. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar daging qurban tersebut bisa tuntas dari kondisi basah. Dengan begitu, daging qurbanm tidak akan mudah busuk atau rusak. Sedangkan, untuk kulit kambing tidak dikonsumsi, disarankan untuk di awetkan dengan garam sebelum dijual ke penampung kulit.

Demikian ulasan mengenai cara memotong daging qurban serta cara menyembelihnya. Selanjutnya, jika Anda ingin mencari hewan qurban yang sehat atau sesuai dengan syarat hewan qurban, Anda bisa memesannya pada jasa kami. Dijamin harga yang kami tawarkan sangat terjangkau.

Author


Avatar

<a href="https://www.thmsbfft.fr/coque-iphone-8.html">coque iphone 8</a> <a href="https://www.octagone.fr/">coque iphone soldes</a> <a href="https://www.neoval.fr/coque-iphone-7.html">coque iphone 7</a> <a href="https://www.octagone.fr/">coque iphone 2019</a> <a href="https://www.thmsbfft.fr/">soldes coque iphone</a>