MUSLIMAPP

Cara Mengajarkan Sholat Pada Anak-Anak

Seperti yang telah kita ketahui selama ini bahwa seorang anak merupakan titipan Allah SWT. Maka dari itu sebagai orang tua wajib untuk mendidik anak menjadi lebih baik, khususnya dalam pendidikan agama seperti menjalankan sholat.

Mungkin yang jadi permasalahan adalah bagaimana cara mengajarkan sholat pada anak-anak. Apalagi anak-anak sangat sulit untuk di kasih arahan. Sebenarnya untuk memecahkan permasalahan ini pada anak dibutuhkan sebuah pembiasaan. Pembiasaan ini sangatlah sederhana untuk dilakukan. Untuk penjelasan lebih lengkapnya simak ulasannya berikut ini:


Cara Tepat Mengajarkan Anak-Anak Menjalankan Shola
t

Mengajarkan anak sholat memang cukup sulit, namun sebagai orang tua Anda tidak boleh putus asa. Karena bagaimanapun anak merupakan titipan yang harus kita jaga dengan baik . Nah, berikut ini cara tepat mengajarkan anak menjalankan sholat:


Orang Tua Harus Menjadi Contoh Kedisiplinan Menjalankan Sholat

Cara paling mudah untuk mengajari anak sholat yaitu memberikan contoh. Contoh disini maksudnya ketika Anda ingin anak Anda shalat, maka Anda juga harus sholat. Karena anak-anak merupakan usia dimana mereka suka untuk menirukan orang yang lebih tua dari mereka. Dengan begitu  Anda akan lebih mudah untuk mengajari anak sholat.


Mulai Mengajak Anak Untuk Shalat

Seorang anak diwajibkan untuk menjalankan shalat ketika sudah berumur 7 tahun. Namun, jika anak Anda di usia 7 tahun ini tidak melakukan sholat, maka sebagai orang tua bisa memberikan pukulan sebagai hukuman. Namun perlu diingat hukuman ini bukan untuk menyiksa anak. namun, untuk mendidik agar anak bisa menjadi lebih baik atau disiplin dalam melaksanakan sholat.


Mengajak Anak-Anak Untu Sholat Berjamaah Di Masjid

Langkah terakhir untuk mengajarkan anak sholat yaitu sering-seringlah mengajak anak pergi sholat berjamaah di Masjid. Selain untuk mengajarkan shalat, berjamaah di Masjid ini juga bisa mengajarkan anak bagaimana caranya berbaur atau sosialisasi dengan masyarakat.

Bahkan keuntungan mengajak anak sholat di masjid yaitu agar anak bisa lebih bersemangat untuk menjalankan salat karena di masjid akan bertemu dengan banyak orang.

Itulah ulasan mengenai cara mengajarkan sholat kepada anak. pada masa ini, anak-anak masih suka menirukan atau menganggap apapun yang dilakukan oleh orang yang lebih tua adalah yang baik. Sehingga tidak heran jika orang tua melakukan A, maka anak juga akan melakukan A. Jadi kebiasaan orang tua pasti akan di tiru oleh anak maka dari itu biasakan sholat lima waktu agar si kecil menirukannya.

Author


Avatar