Hajj & Umroh, MUSLIMAPP

GPS Tracking untuk Mengawasi Para Jamaah Haji atau Umroh

Banyaknya cerita tentang tersesat dan juga hilangnya jamaah haji, khususnya jamaah haji Indonesia, seolah-olah sudah menjadi kisah yang umum baik itu di Madinah maupun di Mekah. Hal tersebut biasanya terjadi saat awal-awal kedatangan jamaah di tanah suci. Terutama hal tersebut terjadi pada jamaah yang berusia lanjut, belum berpengalaman dan sebagainya. Namun, bukan berarti orang yang muda dan juga yang sudah berpengalaman tidak mungkin mengalami hal tersebut.

Oleh karena itu, untuk menjawab masalah tersebut berbagai upaya telah dilakukan. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh aplikasi muslimApp yang menghadirkan fitur GPS tracking Haji dan umrah. Lalu apa sih GPS tracking tersebut?

GPS

GPS merupakan sistem satu-satunya di dunia ini dari satelit navigasi global yang bisa melakukan penentuan lokasi, arah, kecepatan serta waktu. GPS tersebut memakai konstelasi sebanyak 27 buah satelit yang telah mengorbit di bumi. Di mana sebuah GPS receiver akan menerima suatu informasi dari 3 buah satelit tersebut guna menentukan suatu posisi.

GPS receiver tersebut harus ada di dalam Line off Sight atau LoS terhadap keempat satelit tersebut guna menentukan sebuah posisi. Dengan begitu maka GPS hanya ideal untuk dipakai outdoor positioning.

GPS Tracking

Istilah GPS tracking telah dipakai sebagai pengirim suatu informasi lokasi ke perangkat mobile ketika user melakukan query pada aplikasi tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan mengirim suatu informasi lokasi dari suatu perangkat mobile kepada setiap kurun waktu yang telah ditentukan guna disimpan dalam web server.

Berdasarkan dari lingkup wilayah pantauannya, maka sistem pelacakan serta penelusuran dibagi ke dalam wide area serta local area. Sistem pelacakan serta penelusuran wide area tersebut umumnya akan memakai GPS receiver. Hal tersebut dikarenakan wilayah pantauannya yang begitu luas. Dengan penggunaan GPS tersebut maka bisa memungkinkan user dapat meminta suatu informasi posisi kapan saja. Akan tetapi, GPS sendiri mempunyai keterbatasan ruang tertutup yang dikarenakan oleh faktor lain off sight tadi.

Sistem tersebut bisa melakukan sesuatu pemantauan dari keberadaan jamaah serta menvisualisasikan ke dalam bentuk peta. Dengan begitu maka GPS tersebut bisa membantu para pembimbing KBIH serta para jamaah haji guna memantau keberadaan jamaah haji yang lainnya dengan pemanfaatan teknologi GPS.

Nah, oleh karena itu dengan menggunakan fitur GPS tracking Haji dan umroh dari aplikasi muslimApp memang sangat bermanfaat sekali. Penggunaannya pun sangat mudah. Aplikasi muslimApp bisa didownload gratis di Google play store ataupun App Store. Yuk pasang aplikasinya untuk Anda yang akan melaksanakan ibadah haji atau umroh ke tanah suci.