Hajj & Umroh, MUSLIMAPP

Hukum Ibadah Umroh di dalam Islam

Ada banyak sekali jenis ibadah yang dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat muslim. Salah satunya adalah ibadah umroh. Ibadah umroh seringkali dikaitkan dengan ibadah haji. Hal ini karena memang ibadah umroh hampir mirip pelaksanaannya dengan ibadah haji. Salah satu perbedaannya yaitu terletak pada pelaksanaan ibadah haji yang hanya bisa dilakukan pada bulan Dzulhijjah saja. Sedangkan melaksanakan ibadah umroh bisa dilakukan sewaktu-waktu atau kapan saja. Apakah hukum dari menjalankan ibadah umroh bagi umat muslim? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut.

Hukum Umroh dalam Islam

Setiap ibadah yang dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat muslim memiliki hukum begitupun dengan hukum dari pelaksanaan ibadah umroh. Hukum melaksanakan ibadah umroh ada 2, diantaranya yaitu:

·         Berhukum Wajib

Ibadah umroh memiliki hukum yang wajib jika baru pertama kali dilaksanakan atau disebut dengan istilah umratul Islam. Melaksanakan umroh karena nazar juga berhukum wajib.

·         Berhukum Sunnah

Ibadah umroh memiliki hukum sunnah jika sudah dilaksanakan untuk yang kedua kalinya atau lebih serta bukan termasuk nazar. Namun, melaksanakan ibadah umroh menurut kalangan ahli fiqih adalah wajib bagi orang-orang yang memang dianjurkan atau disyariatkan untuk menyempurnakannya.

Para ulama mempunyai pendapat yang beragam mengenai masalah hukum pelaksanaan ibadah umroh. Berikut uraian mengenai hukum umroh menurut pendapat dari beberapa ulama, diantaranya yaitu:

·         Pendapat Pertama

Pendapat pertama menjelaskan bahwa hukum melaksanakan ibadah umroh adalah sunnah muakkad. Pendapat pertama ini dikeluarkan oleh Imam Malik, Imam Abu Hanifah, Ibnu Mas’ud, Imam Asy-Syafi’i, Imam Ahmad, golongan mazhab Zaidiyah dan Abu Tsaur.

·         Pendapat Kedua

Pendapat kedua menjelaskan bahwa melaksanakan ibadah umroh memiliki hukum wajib, terutama bagi orang-orang yang memiliki kewajiban untuk melaksanakan ibadah haji. Pendapat kedua ini dianut oleh Ibnu Hazm, Imam Asy-Syafi’i berdasarkan pada versi yang tersahih, Imam Ahmad berdasarkan versi lainnya, kalangan mazhab Imamiyyah, Ats-Tsauri dan Asy-Sya’bi serta beberapa ulama dari mazhab Maliki. Mayoritas ulama yang berasal dari kalangan sahabat dan kalangan yang lainnya juga berpendapat seperti ini.

·         Pendapat Ketiga

Pendapat ketiga menjelaskan bahwa ibadah umroh memiliki hukum wajib bagi yang mampu melakukannya minimal sekali seumur hidup. Dalil hukum umroh adalah sunnah dianggap lemah, jadi tidak bisa dijadikan hujjah.

Apakah Anda sedang mencari paket umroh yang berharga terjangkau? Jika iya cari saja di aplikasi muslimApp. Anda bisa mendapatkannya dengan cara yang sangat mudah lho. Memesannya juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa perlu ribet datang ke tempat penyedia paket umroh.

Author


Avatar

<a href="https://www.thmsbfft.fr/coque-iphone-8.html">coque iphone 8</a> <a href="https://www.octagone.fr/">coque iphone soldes</a> <a href="https://www.neoval.fr/coque-iphone-7.html">coque iphone 7</a> <a href="https://www.octagone.fr/">coque iphone 2019</a> <a href="https://www.thmsbfft.fr/">soldes coque iphone</a>