DONASI/WAKAF

Kekalkan Harta Anda Dengan Wakaf

Harta merupakan suatu hal yang terus menerus pasti akan habis jika digunakan untuk memenuhi kebutuhan duniawi. Namun, dalam ajaran agama Islam terdapat suatu amalan yang bisa membuat harta bersifat kekal dan menjadi jalan untuk dapat meraih ridha Allah SWT. Amalan yang dimaksud dalam hal ini tidak lain adalah melaksanakan ibadah yang termasuk dalam amal jariyah dengan membagikan sebagian hartanya untuk wakaf.

Wakaf merupakan ibadah dalam bentuk perniagaan yang paling baik dan mulia disisi Allah SWT. Oleh karena itu, Allah memberikan pahala yang sangat besar dan tidak pernah putus bagi yang mewakafkan hartanya. Keistimewaan dari shodaqoh perniagaan ini adalah pahala akan tetap mengalir pada pewakaf meskipun telah meninggal dunia nantinya. Hal ini dikarenakan harta yang telah diwakafkan akan tetap bermanfaat bagi orang banyak.

Pelaksanaan wakaf memiliki beberapa ketentuan yang harus diketahui oleh calon pewakaf sebelum melaksanakannya. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan wakaf dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya. Beberapa hal yang penting untuk dilakukan dalam melaksanakan wakaf tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Persaksian Wakaf

Jika berniat untuk mewakafkan sebagian harta maka alangkah baiknya jika ada yang bersaksi akan niat Anda tersebut. Kesaksian dari wakaf ini juga berfungsi untuk tetap amanah serta menghindari pengkhianatan dalam melaksanakannya. Selain itu, persaksian dalam pelaksanaan wakaf juga berfungsi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi sehingga tidak sampai menyebabkan batalnya pelaksanaan wakaf tersebut.

Pencatatan Wakaf

Selain adanya kesaksian dalam berwakaf juga sangat dianjurkan mengenai adanya pencatatan yang jelas. Pencatatan wakaf ini berfungsi sebagai bukti adanya pelaksanaan wakaf serta menghindari terjadinya perselisihan yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Namun, bila tidak ada bukti dalam bentuk catatan dan orang yang memberikan wakaf (disebut juga dengan wakif) masih hidup. Maka kesaksian dari wakif tersebut menjadi satu-satunya bukti mengenai pelaksanaan wakaf, karena hanya pewakaflah yang menentukan syarat serta ketentuan akan barang yang diwakafkannya.

Wakaf Secara Berkelompok

Wakaf tidak hanya dapat dilakukan secara perorangan, akan tetapi juga dapat dilakukan secara bersama-sama dalam pelaksanaannya. Misalkan saja, dalam pembangunan masjid suatu desa dapat diadakan iuran bagi masyarakat disekitarnya untuk memenuhi kebutuhan pembangunan masjid. Pernyataan ini juga sudah terjadi sebelumnya pada zaman Rasulullah SAW, dimana kaum bani Najjar tidak mau menjual kebunnya kecuali untuk Allah SWT.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mewujudkan pelaksanaan wakaf. Dengan hal tersebut diatas, maka pelaksanaan wakaf serta sarana akan kepentingan umum dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala. Sehingga nantinya amal jariyah yang tidak akan putus juga dapat menolong Anda di akhirat kelak.

Author


Avatar

<a href="https://www.thmsbfft.fr/coque-iphone-8.html">coque iphone 8</a> <a href="https://www.octagone.fr/">coque iphone soldes</a> <a href="https://www.neoval.fr/coque-iphone-7.html">coque iphone 7</a> <a href="https://www.octagone.fr/">coque iphone 2019</a> <a href="https://www.thmsbfft.fr/">soldes coque iphone</a>