AQIQAH

Ketahui Inilah Hikmah Dari Aqiqah

Aqiqah merupakan ibadah penyembelihan hewan (kambing atau domba) yang dilakukan oleh setiap orang tua untuk anak-anak mereka. Berdasarkan salah satu hadits Nabi disebutkan bahwa setiap anak yang lahir memiliki aqiqahnya masing-masing, maka dari itu diharuskan orang tua untuk melakukan aqiqah.
Hukum aqiqah sendiri bermacam-macam, menurut Imam Hana” hukum aqiqah adalah mubah (dikerjakan atau tidak, tidak mendapat pahala ataupun dosa). Sedangkan menurut Iman Sya”’i, Maliki, dan Hanbali hukumnya adalah Sunnah (bila dikerjakan mendapat pahala dan bila tidak dikerjakan tidak berdosa).
Setelah mengetahui hukum melaksankan aqiqah, Anda juga harus mengetahui hikmah melakukan aqiqah. Biasanya ibadah akan lebih mantap jika kita mengetahui hikmah yang ada di baliknya. Nah, apa saja hikmah aqiqah bisa Anda simak dalam pembahasan berikut ini:

Mengikuti Sunah Nabi
Imam Sya”’i, Maliki, dan Hambali berpendapat bahwa aqiqah hukumnya sunnah. Pendapat ini tentu saja berdasarkan hadits shohih Nabi. Berdasarkan pendapat ketiga Imam tersebut berarti melakukan aqiqah sama dengan mengikuti sunnah Nabi. Nabi Muhammad merupakan panutan bagi seluruh umat muslim di dunia, mengiku sunnah Nabi dengan malakukan aqiqah merupakan amal yang sangat mulia. Selain ibadah wajib, seseorang setidaknya harus melakukan ibadah sunnah yang diperintahkan. Tidak perlu semua sunnah Nabi, tetapi semampunya saja.

Menjauhkan Diri dari Godaan Setan
Hikmah aqiqah yang selanjutnya yaitu dapat menjauhkan seseorang dari godaan setan. Sangat bahaya jika seseorang sudah terperdaya oleh setan, kemungkinan untuk berbuat dosa terbuka dengan sangat lebar. Karena setan akan selalu mengajak manusia untuk berbuat dosa. Nah, jika ingin anak Anda dijauhkan dari godaan setan maka lakukan aqiqah kepada mereka, karena salah satu hikmah aqiqah adalah menjauhkan anak-anak dari godaan
setan.

Sarana Mendekatkan Diri Kepada Allah
Selain sebagai sarana untuk menjauhkan diri dari godaan setan, hikmah aqiqah lainnya yaitu sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah. Orang yang ingat kepada Allah dan Rasul, pas senantiasa menjalankan apa yang sudah diperintahkan. Allah akan selalu melindungi setiap orang yang berusaha mendekatkan diri kepadaNya.
Yang paling penting Allah akan selalu melindungi anak-anak yang diaqiqah dan menjauhkan mereka dari perbuatan-perbuatan tercela. Jika Anda ingin melangsungkan aqiqah untuk anak, Anda bisa menggunakan jasa aqiqah kami. Kami merupakan jasa aqiqah Bekasi yang selalu memberikan pelayanan terbaik. Anda juga tidak perlu khawatir dengan kualitas hewan aqiqah kami, karena dijamin memiliki kualitas terbaik

Author


Avatar

<a href="https://www.thmsbfft.fr/coque-iphone-8.html">coque iphone 8</a> <a href="https://www.octagone.fr/">coque iphone soldes</a> <a href="https://www.neoval.fr/coque-iphone-7.html">coque iphone 7</a> <a href="https://www.octagone.fr/">coque iphone 2019</a> <a href="https://www.thmsbfft.fr/">soldes coque iphone</a>