MUSLIMAPP

Keutamaan Shalat Sunnah

Shalat sunnah merupakan sholat yang memiliki hukum tidak wajib akan tetapi sangat dianjurkan untuk dilaksanakan dalam agama Islam. Sesuai dengan hukumnya, apabila sholat sunnah dikerjakan maka akan mendapatkan pahala baginya, dan jika ditinggalkan maka juga tidak akan mendapat dosa. Namun meskipun tidak mendapat dosa, alangkah baiknya jika tetap menjaga tuntunan Rasulullah SAW terlebih juga sebagai ladang amal bagi anda.

Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, menjalankan serta merutinkan tuntunan dan ajarannya tentu merupakan keharusan sebagai tanda cinta kepada beliau serta wujud taat kepada Allah SWT. Selain itu, menjalankan sholat wajib lima waktu juga pasti memiliki kekurangan karena kurang sempurnanya dalam menghadirkan hati, ketenangan, serta konsentrasi dalam mengingat Allah SWT.

Untuk menutupi kekurangan dalam sholat lima waktu tersebut dapat dilakukan dengan sholat tambahan yang tidak lain dengan sholat sunnah. Diluar hal itu, sholat sunnah juga memiliki keutamaan dan juga manfaat tersendiri bagi pelaksananya. Beberapa diantara keutamaan sholat sunnah tersebut terdiri dari penjelasan dibawah ini.

Menutupi Kekurangan Pada Sholat Wajib

Menurut hadits shahih yang diriwayatkan oleh Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad, Rasulullah SAW bersabda bahwa amalan yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah sholatnya. Dalam hadits tersebut Allah ‘azza wa jalla bertanya kepada malaikat mengenai amalan hamba-Nya apakah sholatnya sempurna atau sebaliknya. Jika sholatnya sempurna maka tercatat baginya pahala yang sempurna pula.

Akan tetapi jika sholatnya kurang sempurna, lebih lanjut Allah SWT menyuruh malaikatnya untuk melihat apakah hamba-nya tersebut memiliki amalan sunnah atau tidak. Jika memilikinya, maka Allah menyuruh untuk menyempurnakan kekurangan amalan wajib tersebut dengan sunnahnya. Setelah amalan sholatnya terhitung, maka barulah amalan lain diperlakukan dengan hal yang sama.

Akan Dekat Dengan Rasulullah SAW Di Surga

Sahabat Rasulullah SAW, yaitu Rabiah bin Ka’ab Al-Aslami meminta kepada beliau agar bisa menjadi teman dekatnya di surga kelak. Kemudian Rasulullah menanggapi permintaan tersebut dengan menyuruhnya agar memperbanyak sujudnya. Dalam hal ini, memperbanyak sujudnya berarti memperbanyak sholatnya yaitu tidak hanya melaksanakan sholat wajib tetapi juga menambahnya dengan sholat sunnah.

Allah Akan Memberikan Petunjuk Pada Pendengaran, Penglihatan, Serta Doa Mustajab

Hadits Riwayah Bukhari no. 2506 menjelaskan sabda Rasulullah SAW mengenai firman Allah Ta’ala, yaitu jika hamba-Nya senantiasa mendekatkan diri dengan melaksanakan amalan sunnah maka Allah akan mencintainya. Jika Allah mencintainya, maka Allah akan memberikan petunjuk baik pada pendengarannya, pengelihatannya, serta tangan yang digunakan untuk memegang dan kaki untuk berjalan.

Kalimat selanjutnya juga menjelaskan bahwa jika orang yang dicintai Allah tersebut memohon sesuatu kepada-Nya, maka Allah akan mengabulkan permintaannya. Jika hambanya juga meminta perlindungan, maka Allah juga akan senantiasa melindunginya.

Masih banyak lagi keutamaan-keutamaan lainnya yang akan diperoleh jika melaksanakan sholat sunnah. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika meluangkan waktu yang diberikan oleh Allah SWT kepada Anda dengan menggunakannya untuk melaksanakan ibadah sholat sunnah.

Author


Avatar

<a href="https://www.thmsbfft.fr/coque-iphone-8.html">coque iphone 8</a> <a href="https://www.octagone.fr/">coque iphone soldes</a> <a href="https://www.neoval.fr/coque-iphone-7.html">coque iphone 7</a> <a href="https://www.octagone.fr/">coque iphone 2019</a> <a href="https://www.thmsbfft.fr/">soldes coque iphone</a>