QURBAN

Mana Yang Lebih Baik, Qurban Kambing Jantan atau Betina?

Pasti Anda sudah  tidak asing bukan dengan istilah qurban? Menurut kisah qurban berasal dari cerita Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail as. Dari kisah  dua utusan Allah tersebut ada makna yang qurban yang bisa digali. Salah satu makna tersebut adalah terkait ketundukan atas perintah Allah SWT dan keikhlasan.  Qurban merupakan ibadah perwujudan untuk melatih keikhlasan hamba agar lebih dekat dengan Allah SWT.

 “udhiyya” yang artinya hewan qurban saat idul Adha. Dan “tadhiya” yang memiliki arti menyembelih pada hari dan waktu tertentu dengan hewan khusus sesuai syariat dan diniatkan untuk beribadah. Qurban bisa memiliki manfaat yang luar  biasa yakni untuk qablum minnallah dan qablum minannas. Untuk qablum minnallah bisa mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.  Untuk qablum minannas mendekatkan kepada manusia atau saudara yang lainnya.

Qurban Kambing

Kebanyakan hewan qurban yang ada di Indonesia adalah kambing. Pasalnya kambing adalah salah satu hewan halal yang dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Selain kambing sebenarnya masih banyak hewan yang bisa dijadikan untuk berqurban. Misalnya saja ada sapi, unta dan domba. Menurut ulama, jumlah qurban untuk 1 orang adalah 1 ekor kambing. Namun, pahalanya tersebut dapat dibagi dengan orang lain.

Untuk pilihan kambing mana yang baik untuk dijadikan qurban pastinya ada banyak. Beberapa diantaranya adalah sehat, cukup umur, dan sudah genap umurnya. Untuk terkait jenisnya boleh saja entah kambing jantan atau kambing betina. Yang terpenting adalah memenuhi syarat secara agama. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa yang baik untuk kambing qurban adalah kambing jantan. Namun, ada pula yang menyebutkan bahwasanya hewan ternak termasuk kambing betina boleh dan baik untuk dijadikan hewan qurban.

Manfaat Qurban

Qurban yang termasuk dalam ketegori ibadah sosia pastinya memberikan dampak dan manfaat yang baik dan positif. Maksud dari hal tersebut adalah daging hasil sembelihan hewan qurban bisa dibagikan kepada masyarakat luas yang membutuhkan. Jadi, hal tersebut bisa mempererat tali persaudaraan dan pastinya bisa menolong sesama umat. Bahkan qurban juga bisa membuat rizqi yang kita dapatkan menjadi berkah. Dimana harta yang selama ini kita kumpulkan kita gunakan untuk ibadah.

Maka dari itu, kita sebagai umat Islam yang bersyukur, jangan lupa untuk menggunakan dan membelanjakan hartamu sesuai dengan perintah Allah SWT. Semoga artikel bermanfaat dan terimakasih.

Author


Avatar

<a href="https://www.thmsbfft.fr/coque-iphone-8.html">coque iphone 8</a> <a href="https://www.octagone.fr/">coque iphone soldes</a> <a href="https://www.neoval.fr/coque-iphone-7.html">coque iphone 7</a> <a href="https://www.octagone.fr/">coque iphone 2019</a> <a href="https://www.thmsbfft.fr/">soldes coque iphone</a>