AQIQAH

Rukun Beraqiqah Yang Perlu Diketahui

Di Indonesia aqiqah merupakan ibadah yang dilakukan oleh mayoritas keluarga muslim. Ibadah aqiqah dilakukan dengan menyembelih kambing atau domba, biasanya dilakukan pada hari ke-7 kelahiran anak, bersamaan dengan pemotongan rambut dan pemberian nama kepada anak.

Aqiqah dilakukan dengan maksud sebagai tebusan hutang untuk anak agar di akhirat nanti dapat memberikan syafaat kepada orang tuanya. Selain itu, hikmahnya juga sangat banyak, terutama untuk anak yang diaqiqah, aqiqah sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan menjauhkan diri dari godaan setan.

Sebelum melakukan ibadah setidaknya Anda harus mengetahui dasar hukumnya dan syarat melakukan ibadah tersebut. Syarat melakukan aqiqah harus diketahui agar ibadah dan hikmah yang didapatkan lebih maksimal. Pembahasan mengenai dasar hukum dan syarat aqiqah bisa Anda simak di bawah ini!

Perintah Melakukan Aqiqah

Perintah untuk melaksanakan aqiqah tercantum dalam beberapa hadits shohih. Berikut beberapa hadits yang menjelaskan terkait perintah untuk melaksanakan aqiqah.

Hadits pertama diriwayatkan oleh Tirmidzi, Abu Daud, dan lainnya, yang menyebutkan bahwasanya semua bayi tergadai oleh aqiqahnya dan bahwasanya waktu yang paling utama untuk melakukan aqiqah di hari ketujuh kelahiran bayi, bersamaan dengan waktu mencukur rambut dan pemberian nama bayi.

Hadits kedua diriwayatkan oleh Bukhari, di sana disebutkan bahwasanya aqiqah dilaksanakan untuk setiap kelahiran bayi, penyembelihan hewan dapat menghindarkan bayi dari segala halangan.

Syarat Melakukan Aqiqah

Jika Anda ingin melakukan aqiqah, yang harus Anda ketahui selanjutnya yaitu syarat melakukan aqiqah. Setiap ibadah pasti memiliki syarat yang harus dipenuhi agar ibadahnya lebih afdhol. Berikut beberapa syarat melakukan aqiqah yang perlu Anda tahu!

1. Niat

Untuk membedakan ibadah dan bukan ibadah salah satunya yaitu niat. Setiap ibadah pasti ada niatnya sendiri-sendiri, niat ibadah satu dengan lainnya tentu berbeda. Untuk aqiqah, nda tentu juga harus berniat melakukan aqiqah untuk anak.

2. Hewan Cukup Umur dan Sehat

Hewan untuk aqiqah harus mencapai umur yang sudah ditetapkan, yaitu minimal berumur 2 tahun. Fisiknya juga harus sehat agar tidak mengurangi jumlah daging.

Acara aqiqah sekarang bisa dilakukan tanpa harus membuat orang tua kerepotan, caranya yaitu dengan menggunakan jasa aqiqah kami. Kami memberikan layanan aqiqah Bekasi dengan berbagai menu menarik yang dibuat dengan kambing/domba pilihan. Anda tidak perlu khawatir, kami akan memilihkan hewan aqiqah yang sesuai dengan ketentuan islam. Jadi tunggu apalagi, pesan sekarang yuk!

Author


Avatar

<a href="https://www.thmsbfft.fr/coque-iphone-8.html">coque iphone 8</a> <a href="https://www.octagone.fr/">coque iphone soldes</a> <a href="https://www.neoval.fr/coque-iphone-7.html">coque iphone 7</a> <a href="https://www.octagone.fr/">coque iphone 2019</a> <a href="https://www.thmsbfft.fr/">soldes coque iphone</a>