DONASI/WAKAF, MUSLIMAPP

Sisihkan Penghasilan Anda Untuk Amal Jariyah

Islam merupakan agama yang telah disempurnakan oleh Allah SWT dengan segala ajaran-Nya yang disampaikan melalui Rasulullah SAW. Setiap amalan dan ibadah maupun larangan yang disampaikan melalui ajaran Nabi Muhammad SAW akan akan mendapatkan balasan yang setimpal karena Allah memiliki sifat Maha Adil. Bagi umat muslim yang beriman tentu akan lebih memilih taat dengan melaksanakan amalan dan ibadah kepada Allah.

Terdapat berbagai macam jenis amalan yang dapat dilakukan dalam agama Islam untuk memperoleh pahala. Namun Anda sudah pasti tidak asing lagi dengan amal jariyah. Salah satu amalan dalam agama islam ini tidak akan pernah putus walau pelakunya sudah meninggal sekalipun. Amal jariyah dapat dibagi lagi menjadi tiga macam, yaitu ilmu yang bermanfaat, sedekah amal jariyah, serta orang tua yang mendidik anaknya menjadi shalih.

Diantara ketiga jenis amal jariyah tersebut, yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengeluarkan sebagian hartanya untuk sedekah amal jariyah. Sedekah amal jariyah akan terus mengalir meskipun Anda telah meninggal karena orang yang mendapatkannya akan merasa layak dan sama. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda menyisihkan penghasilan untuk sedekah amal jariyah yang dapat dilakukan dengan beberapa cara dibawah ini.

Mendirikan Panti Asuhan Atau Sedekah Kepada Anak Yatim

Anak yatim merupakan ladang amal bagi umat muslim dalam agama Islam. Bahkan, anak yatim ini disebut berulang-ulang hingga sebanyak 32 kali di dalam kitab suci Al-Qur’an. Hal ini menunjukkan bahwa anak yatim merupakan hal yang paling dan harus diperhatikan serta memiliki derajat utama dalam agama Islam. Oleh karena itu, sedekah kepada anak yatim merupakan salah satu jenis dari sedekah amal jariyah.

Sedekah kepada anak yatim tersebut dapat dilakukan dengan menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk membangun serta mendirikan panti asuhan bagi anak yatim piatu. Dengan demikian Anda akan bisa bersedekah dengan memberi mereka tempat tinggal, pembelajaran, serta makanan. Sedekah dalam bentuk tersebut tentu akan membuahkan pahala yang tidak pernah putus karena membesarkan anak yatim piatu tersebut.

Namun jika penghasilan Anda terlalu kecil untuk dapat mendirikan panti asuhan, maka carilah anak yatim yang ditinggal oleh bapaknya saat masih bayi. Akan tetapi pastikan bahwa anak tersebut memang benar-benar tidak ada yang membiayai serta tinggal bersama ibunya dengan serba kekurangan. Berikanlah sebagian penghasilan Anda kepadanya, maka hal tersebut sudah termasuk sedekah amal jariyah kepada anak yatim.

Memberi Makan Dan Minum

Memberi makan dan minum kepada orang yang membutuhkan baik dikenal maupun tidak juga termasuk ke dalam sedekah jariyah. Anda bisa menyisihkan uang Anda untuk membelikan makanan dan minuman jika bertemu dengan musafir dijalan. Tidak hanya musafir, Anda juga dapat memberikannya kepada pengemis, penjaga masjid, atau orang lain yang membutuhkan.

Makanan yang masuk kepada orang yang Anda beri, maka makanan tersebut akan menjadi energi dan daging bagi penerimanya. Dengan demikian, sedekah berupa makanan dan minuman tersebut akan menjadi amalan yang tidak akan putus meski Anda sudah meninggal nantinya.

Membangun Masjid

Masjid merupakan rumah Allah dengan fungsinya sebagai tempat ibadah bagi umat muslim. Jika sudah dibangun, fungsi dari masjid ini tentu tidak akan pernah berhenti kecuali saat kiamat tiba dimana sudah tidak ada orang yang beribadah kepada Allah. Anda dapat mewaqafkan sebagian tanah dan menyisihkan penghasilan Anda untuk membangun masjid.

Jika tidak mampu melakukan hal tersebut, Anda dapat menyisihkan penghasilan Anda untuk meletakkannya di masjid yang masih dalam proses pembangunan. Atau juga bisa digunakan untuk perlengkapan pendukung dalam masjid.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melaksanakan sedekah amal jariyah. Anda dapat memilih atau melakukan semua hal tersebut dalam menyisihkan penghasilan Anda. Pahala yang diperoleh mungkin tidak dapat dirasakan secara langsung. Akan tetapi amal jariyah tersebutlah yang nantinya akan menemani Anda di akhirat kelak.

Author


Avatar