MUSLIMAPP

Tips Belajar Sholat Untuk Muallaf

Bagi orang muslim sholat sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan dengan baik dan benar. Namun bagaimana bagi seseorang muallaf atau orang yang baru masuk Islam, pastinya mereka akan kesulitan untuk melaksanakan sholat, karena  bacaan sholat adalah bahasa Arab.

Islam merupakan agama yang mempermudah pemeluknya, ketika tidak bisa sholat dengan berdiri, maka bisa dengan duduk, ketika tidak bisa dengan duduk maka bisa dengan berbaring, ketika tidak bisa berlari maka bisa dengan mengedipkan mata. Apalagi bagi seorang muallaf, pasti ada kemudahan-kemudahan yang bisa dilakukan untuk menjalankan salat sebagaimana ulasan berikut ini:


Persiapan Sebelum Melaksanakan Shalat

1. Arah kiblat

Ketika sholat harus menghadap kiblat. Arah kiblat umat Islam seluruh dunia yaitu ka’bah. jika anda tinggal di Indonesia atau negara-negara yang berada di sebelah tenggara dari kota Mekkah, maka arah kiblatnya adalah arah barat atau barat laut.

2. Pakaian

Salah satu syarat untuk melakukan salat yaitu menggunakan pakaian yang suci dan menutup aurat. Untuk seorang perempuan aurat ketika sholat yaitu seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Sedangkan untuk seorang laki-laki minimal mulai pusar hingga lutut. Selain itu pakaian yang digunakan untuk sholat harus suci dari najis atau kotoran yang lain.

3. Berwudhu

Ketika sholat, harus dalam keadaan yang suci. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk berwudhu sebelum sholat. Berwudhu memang lebih baik dengan air. Namun jika tidak ada air bisa menggunakan debu.

4. Tempat

Selain pakaian yang harus bersih dan suci, tempat untuk melakukan sholat juga harus bersih. Maka dari itu, sebelum sholat pastikan tempat yang akan Anda pilih untuk melakukan sholat itu dalam keadaan yang bersih.

 

Memulai Praktek Sholat

Bacaan sholat harus dibaca dengan bahasa Arab. Dengan begitu, bacaan sholat harus dihafalkan.  Lalu bagaimana dengan seorang muallaf yang belum bisa membaca bahasa Arab? Pastinya membutuhkan banyak waktu untuk menghafalnya. Untuk sementara waktu Anda bisa menuliskan  pada secarik kertas bacaan sholat. Sedangkan untuk gerakan sholatnya, Anda bisa langsung mempraktekkannya.

Demikian ulasan mengenai tips belajar sholat bagi muallaf. Jadi jika Anda seorang muallaf atau anda memiliki teman seorang muallaf, Anda bisa mengajarkan bagaimana tata cara sholat dengan mudah. Jangan memaksa dia untuk langsung bisa. Karena semua membutuhkan proses. Namun tetap berikan  pelajaran sedikit demi sedikit karena lama-kelamaan bisa menjadi gunung.  

Author


Avatar