MUSLIMAPP

Waktu Yang Tepat Untuk Shalat Dhuha

Sholat lima waktu memang diwajibkan bagi setiap orang yang beragama Islam. Selain itu, seorang muslim juga di sunnahkan untuk melakukan sholat sunnah seperti sholat dhuha. Sholat dhuha ini memiliki banyak keutamaan. Bahkan, sholat sunnah dhuha ini tidak pernah di tinggalkan oleh Nabi Muhammad SAW. Jadi, sebagai umatnya sudah sepatutnya jika kita melaksanakan sholat dhuha. Dinamakan sholat dhuha karena sholat ini dikerjakan setelah matahari terbit atau sekitar jam 8 hingga sebelum tengah hari sekitar jam 11. Untuk lebih jelasnya mengenai sholat dhuha, simak ulasannya berikut ini.


Waktu Mulai Sholat Dhuha

Bagi orang awam mungkin bertanya-tanya kapan waktu sholat dhuha. Tahukah Anda bahwa sholat dhuha  dimulai setelah matahari terbit hingga matahari tersebut meninggi hingga setinggi tombak atau sekitar 2 meter. Dengan kata lain, kurang lebih 15 menit setelah matahari terbit. sedangkan, sholat dhuha batas waktunya hingga tengah hari atau sekitar jam 11 siang. Di waktu-waktu itulah Anda bisa melakukan sholat sunnah dhuha.

Keutamaan Sholat Dhuha

Setelah mengetahui waktu pelaksanaan sholat dhuha, rasanya kurang lengkap jika  Anda tidak mengetahui keutamaan sholat dhuha. setelah mengetahui keutamaan sholat dhuha ini, dijamin Anda akan berat hati meninggalkan sholat dhuha. Nah, berikut ini keutamaannya:

Pahalanya seperti bersedekah

Mengerjakan sholat dhuha bisa disamakan dengan bersedekah. Sedekah yang dimaksud disini yaitu sedekah dengan memperoleh ganjaran pahala sebanyak 360 persendian. Jadi, jik Anda meninggalkan sholat dhuha akan sangat rugi.

Dicukupi kebutuhannya

Keutamaan yang didapatkan ketika mengerjakan sholat di awal waktu yaitu bisa tercukupi rezekinya di akhir hari. Karena pada dasarnya sholat dhuha memang dilakukan untuk memohon rizki kepada Allah SWT. 

Diganjar dengan rumah di surga

Keutamaan sholat dhuha yang selanjutnya yaitu  dijanjikan ganjaran oleh Allah SWT yaitu kelak di akhirat mendapatkan sebuah rumah indah yang terbuat dari emas. maka dari itu, mulai saat ini jangan pernah meninggalkan sholat dhuha.

Mendapat pahala haji dan umrah

Mendapatkan pahala haji dan umrah merupakan keutamaan bagi seorang muslim yang mengerjakan sholat dengan rutin.

Menggugurkan dosa

Keutumaan sholat dhuha yang terakhir yaitu menggugurkan dosa. Bahkan, diibaratkan dosa sebanyak buih di lautan bisa terhapus dengan mengerjakan sholat dhuha secara rutin.

Author


Avatar

<a href="https://www.thmsbfft.fr/coque-iphone-8.html">coque iphone 8</a> <a href="https://www.octagone.fr/">coque iphone soldes</a> <a href="https://www.neoval.fr/coque-iphone-7.html">coque iphone 7</a> <a href="https://www.octagone.fr/">coque iphone 2019</a> <a href="https://www.thmsbfft.fr/">soldes coque iphone</a>